Friday 3 October 2014

Become a Graphic Designer

author by : miko



Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain. Untuk menjadi seorang desainer grafis kita harus tahu dasar-dasar Ilmu desain grafis dalam mengolah seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.  Nilai lebih dari seorang desainer adalah memiliki kebebasan dalam berkarya dan menuangkan ide - ide briliannya ke dalam sebuah karya desain. untuk menjadi sebuah desainer yang terkenal kita tidak perlu takut untuk melanggar karna akan membatasi ide kreative, untuk menjadikan karya yang unik kita perlu agak sedikit nakal dalam melanggar sebuah aturan agar karya yang kita buat menjadi unik dan berbeda dengan yang lain.

Bagaimana memulainya ?
Ibarat sedang liburan kita perlu persiapan seperti tujuan liburan, peta, konsumsi, membawa barang dan peralatan selama berlibur, bisa di katakan untuk memulai mendesain kita perlu beberapa tool yang wajib di miliki dan ilmu - ilmu dasar seni rupa bisa kita kategorikan seperti di bawah ini :

Spirit
Hal yang paling utama dalam mengawali menjadi seorang desainer grafis adalah niat dan motivasi tinggi untuk menekuni bidang tersebut. Tanpa adanya niat dan motivasi tinggi mungkin hasil yang akan kita capai hanya setengah - setengah. Tidak harus berbakat atau memang sudah terlahir memiliki jiwa seniman namun semua orang bisa menjadi seorang desainer handal dengan adanya niat dan motivasi. So.. yakinlah pada kemampuan diri dan semangat kalian.

Unsur Seni Rupa
Dalam memahami atau mempelajari ilmu design pasti nya di perlukan juga dengan teori yang berupa unsur-unsur atau dasar dalam seni rupa atau bisa kita kaitkan saja dengan desain grafis. Karya seni sesuatu yang berupa dua dimensi atau tiga dimensi akan menjadi lebih baik jika memenuhi unsur-unsur seperti Titik, Garis, Bidang, Ruang, Warna, Tekstur, Bentuk, Gelap dan Terang. Bisa di katakan ini adalah pelajaran mata kuliah Nirmana yang mana kita menciptakan sebuah bentuk tetapi tidak berbentuk dan merupakan dasar sebuah ilmu dari seni rupa. Dalam segi estetika dalam sebuah karya juga perlu di perhatikan agar karya yang kita buat memiliki nilai seni yang tinggi

Story of Graphic Design
Pertumbuhan desain grafis tidak luput dari sejarah - sejarah peradaban manusia. Seiring perkembangan jaman dan masuknya era modernisme mempengaruhi perkembangan gaya desain grafis di setiap jamannya. Misalkan Gaya Futurism muncul di Italia pada tahun 1909, dimotori oleh Tomasso Marineti. Gerakan  Art Deco sebuah gaya desain yang populer pada tahun 1920 kemudian pada tahun 1950an di temukan gaya Swiss Style. Gaya Contemporary, gaya ini adalah kumpulan gaya desain dari berbagai macam aliran-aliran desain yang berkembang pada sekitar tahun 1965 hingga sekarang. Bisa di simpulkan bahwa tren gaya desain saat ini juga di pengaruhi oleh aliran gaya desain pada masa lalu.

Peralatan Tempur
Untuk bisa berjualan kita harus punya produk, sama halnya seperti mendesain kita perlu beberapa alat yang mendukung seperti halnya Komputer atau laptop, alat menggambar seperti kertas, pensil, penghapus, penggaris, sedangkan untuk aplikasinya cukup dengan software seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, dll.
Tutorial Agar memudahkan dalam belajar aplikasi desain grafis yang perlu kita butuhkan adalah buku tutorial. kita bisa mendapatkannya dalam 2 cara yaitu membeli di tempat Book Store jika ingin membeli atau bisa juga download artikel dan video tutorial di media internet yang sekarang ini banyak sekali menyediakan tutorial gratis seperti www.ilmugrafis.com yang banyak sekali tutorial gratis didalamnya


Perjalanan Seorang Desainer

Hal yang membuat desainer melakukan perjalanannya membuat karya yang sempurna adalah menggali sebuah gagasan atau bisa disebut ide. Untuk mencari sebuah ide terkadang desainer melakukan hal yang tidak biasa orang normal lakukan demi mencari suasana nyaman atau sebuah inpirasi, berikut kebiasaaan yang pernah dilakukan desainer untuk mencari ide
Melihat Pemandangan
Toilet
Internet
Duduk
Merokok


ARTIKEL TERKAIT:

0 comments:

Post a Comment